Buka jam 06.00 s/d jam 17.00. Sabtu-Minggu Slow Respon
Beranda » Artikel Terbaru » Alat Memanah Tradisional vs Pertandingan Nasional

Alat Memanah Tradisional vs Pertandingan Nasional

Diposting pada 14 July 2020 oleh Panah Anak | Dilihat: 122 kali

Tulisan ini akan membahas tentang berbagai alat memanah. Mulai dari yang biasa digunakan pemula, dalam panahan tradisional, maupun untuk pertandingan nasional. Yuk disimak.

alat memanah

Panahan telah berkembang semakin populer di kalangan masyarakat. Dari yang tua hingga yang muda, rasarasanya hampir semua tertarik dengan cabang olahraga ini. Tidak heran bila kemudian kamu pun menjadi salah satu yang menekuninya hingga ke ranah profesional.

Lalu, adakah perbedaan antara alat untuk memanah pemula, tradisional,  dan yang biasa digunakan para atlit di pertandingan nasional? Yuk, kita simak ulasannya.

Alat Memanah untuk Pertandingan Nasional

Untuk pertandingan nasional, ada beberapa aksesoris panahan yang wajib dipakai. Hal ini terutama berkaitan dengan keamanan pemanah itu sendiri. Selain itu, juga diperlukan untuk meningkatakan akurasi pemanah dalam melesatkan anak panah ke sasaran.

Apa sajakah alat memanah yang biasa digunakan dalam pertandingan nasional?

1. Pelindung Dada (Chest Guard)

Pelindung dada digunakan untuk menjaga agar lentingan tali busur tidak terkena pakaian pemanah. Bila tali busur terkena pakaian di bagian dada, biasanya akan menyebabkan anak panah tidak melesat dengan stabil.

Alat ini akan sangat membantu, terlebih bila kamu mengenakan pakaian berlapis atau mungkin berhijab. Tentunya pelindung dada akan menghindarkan kemungkinan string tersangkut pada pakaian kamu.

Chest guard dijual dalam berbagai ukuran. Jadi saat akan membeli, sebaiknya kamu mencoba langsung pelindung dada yang ditawarkan. Bila berbelanja secara online, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran tubuh kamu dan menyesuaikannya dengan pelindung dada yang tersedia.

2. Stabilizer

Alat ini tampak serupa tangkai yang panjang. Ukuran panjang atau pendeknya bergantung pada kebutuhan si pemanah.

Stabilizer biasa digunakan para atlit untuk menyeimbangkan bobot busur. Selain itu, alat ini juga berperan untuk menekan getaran dari string saat melepaskan anak panah. Biasanya stabilizer dibuat dari bahan fiber atau alumunium. Keduanya bisa diperoleh di tokotoko olahraga yang menyediakan alat untuk memanah.

3. Sight (Visir)

Alat ini digunakan pemanah untuk membidik sasaran. Sight sangat bermanfaat untuk para atlit yang melakukan pertandingan dengan jarak yang berbedabeda dalam setiap babak. Alat ini dapat diatur, sehingga pemanah dapat melihat sasaran dengan lebih akurat.

Bentuk visir serupa jangka dengan tanda merah yang bisa diatur oleh pemakainya. Pengaturan tidak terbatas hanya atas dan bawah, tapi juga kiri dan kanan. Hal ini membuat pemanah profesional bebas mengatur perkiraan dalam membidik target.

Visir biasanya dibuat dari bahan plastik dan besi. Alat ini bisa kamu lepas dan pasang kembali ke busur sesuai dengan kebutuhan.

 

Alat Memanah Tradisional

Memanah merupakan olahraga yang telah ada sejak beratus tahun silam. Maka tidak heran bila ada beragam teknik memanah yang beredar di berbagai belahan dunia. Teknik ini jelas dipengaruhi oleh alat untuk memanah yang digunakan.

Terdapat 2 jenis metode memanah tradisional yang cukup dikenal di tanah air yakni, horsebow dan jemparingan. Keduanya akan diulas dalam artikel ini, sebagai bahan pertimbangan bila kamu tertarik untuk mencobanya.

1. Alat Memanah Horsebow

Horsebow adalah metode menggunakan busur bernama sama yang dikenal secara luas di wilayah timur. Busur ini juga dikenal dengan beberapa nama lain diantaranya, eastern bow dan composite bow.

Sesuai namanya, metode ini mengharuskan kamu untuk memanah sambil berkuda. Untuk itu, diperlukan alat memanah khusus yang cukup ringan dan ringkas. Maka, digunakanlah busur horsebow.

Ukuran busur horsebow terbilang pendek. Variasi panjang-pendeknya ukuran busur ini dipengaruhi oleh perbedaan metode pemakaiannya di beberapa wilayah seperti Turki, Mongolia, Arab, Korea, Cina, dan negara timur lainnya.

Busur ini mempunyai 3 bagian. Pertama adalah gagang busur, kedua adalah bagian lengan yang disebut dustar, dan yang ketiga adalah siyah yang merupakan ujung busur tempat tali busur dikaitkan.

Sejarah mencatat bahwa metode ini banyak dipakai oleh pasukan kekhalifahan pada kisaran abad ke-16. Hal ini juga yang menyebabkan penamaan bagian-bagian dari horsebow menggunakan tata nama berbahasa Arab.

Untuk lebih memahami lagi tentang sejarah panahan secara umum, silahkan dibaca artikel tentang panahan di Wikipedia.

2. Jemparingan

Metode memanah ini terbilang unik. Bila biasanya pemanah akan melepaskan anak panah sambil berdiri, maka lain halnya dengan jemparingan.

Jemparingan mengharuskan pemanah duduk bersila saat memanah. Dalam bahasa Jawa, jemparingan bermakna panah. Jangan salah, teknik ini tadinya hanya khusus diwajibkan untuk para prajurit kerajaan. Namun seiring perkembangan zaman, kini kamu pun bisa mempelajarinya.
Untuk mempraktikkan jemparingan kamu harus mengetahui aturannya terlebih dulu. Para pemain jemparingan diharuskan mengenakan pakaian adat Jawa.

Peraturan jemparingan lainnya adalah adanya 20 babak (rambahan). Masing-masing peserta memperoleh kesempatan 5 kali memanah untuk mengenai target (wong-wongan/bedor) yang berjarak 30 m dari posisi duduk.

Bedor mempunyai patokan nilai yang berbeda. Jika kamu berhasil mengenai bagian ndas abang (berwarna merah), maka poin 3 akan kamu dapatkan. Namun, bila hanya mengenai bagian putih nilai yang kamu peroleh hanya 1 poin saja.

Jemparingan memang tidak memiliki busur khusus, tapi alat memanah yang khas adalah target yang dibuat lain dari biasanya.

Nah, seru bukan? Kedua metode panahan di atas memang memerlukan banyak latihan untuk bisa menguasainya. Dengan menggunakan alat memanah yang tepat dan ketekunan, tentu kamu bisa mahir melakukannya

 

Nah, apakah semua alat untuk memanah tersebut telah kamu miliki? Jika belum, kamu bisa membelinya di toko online Panah Anak. Jangan lupa, giatlah berlatih menggunakan peralatan tersebut. Karena, butuh waktu yang tidak sedikit untuk membiasakan diri memakainya

Bagikan informasi tentang Alat Memanah Tradisional vs Pertandingan Nasional kepada teman atau kerabat Anda.

Alat Memanah Tradisional vs Pertandingan Nasional | Panah Anak

Belum ada komentar untuk Alat Memanah Tradisional vs Pertandingan Nasional

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
QUICK ORDER
Arrow Puller Alat Cabut Tarik Anak Panah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Arrow Puller alat cabut tarik anak panah Rp 90.000 Rp 100.000
Ready Stock / AP001
Rp 90.000 Rp 100.000
Ready Stock / AP001
Popular!
OFF 16%
QUICK ORDER
Busur Panah Anak Fiberglass Panahan Kuat Awet

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Busur Panah Anak Fiberglass Panahan Awet Murah Rp 295.000 Rp 350.000
Ready Stock / M115
Rp 295.000 Rp 350.000
Ready Stock / M115
QUICK ORDER
Anak Panah Karbon | Carbon Arrows 8 mm Kuat Point Lepas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anak Panah Karbon | Carbon Arrows 8 mm Kuat Point Lepas Rp 50.000
Ready Stock / CA008
SIDEBAR

Info dan Pemesanan

Saat ini produk panahanak.com bisa dibeli melalui (klik):
Tokopedia
Bukalapak
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
WhatsApp: 085-777-555-290
BBM : D634A6A4